Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan


Bagaimanakah cara terbaik menurunkan berat badan? Setiap kali sobat berdiri di depan cermin, tanpa terasa pipi semakin menggelembung. Perut yang dulu rata sekarang membucit penuh dengan lipatan-lipatan lemak. Gerak-gerak tubuh tidak lagi lincah dan terasa berat. Timbangan badan tidak lagi bersahabat. Rasa percaya diri pun menurun ketika bertemu dengan kawan dan kolega. Itu belum seberapa karena tanpa disadari ada bahaya yang senantiasa mengintai. Penyakit-penyakit ringan sampai berat datang tanpa diundang.

Banyak cara yang ditawarkan oleh pakar kesehatan dan nutrisi untuk menurunkan berat badan. Mulai dari mengonsumsi obat-obatan pelangsing badan, suplemen sebagai pengganti makanan harian, sampai cara-cara ekstrim yang menyiksa. Namun dari beberapa cara tersebut, manakah yang dapat sobat pilih sebagai cara terbaik dalam menurunkan berat badan? Pilihlah cara yang alami dan tidak neko-neko. Apa sajakah itu?

Olahraga secara teratur

Jogging Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan
Berolahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Olahraga secara teratur dapat membakar lemak tubuh dan juga membantu kita untuk membuang sisa metabolisme lewat keringat. Sobat tidak perlu harus pergi ke tempat fitness atau pusat kebugaran untuk berolahraga. Pagi hari sebelum sarapan lakukan jogging paling tidak dua atau tiga hari sekali dalam seminggu selama 30 menit sudah cukup untuk membuat lemak berkurang dan tubuh kita menjadi bugar apabila dilakukan secara rutin. Percuma saja bila kita hari ini jogging selama satu jam lebih namun besok-besoknya tidak jogging lagi. Agar tidak bosan, cobalah minta ditemani oleh pasangan atau teman sobat. Kalau tidak memungkinkan bisa ditemani oleh 'teman virtual' berupa jam tangan GPS, smartphone, atau gadget lainnya yang dapat mengukur jarak track jogging, waktu tempuh, jumlah kalori yang terbakar dan lain-lain. Hasil pengukuran tersebut bisa kita share ke teman-teman kita via media social seperti Facebook dan Twitter. Tentu dapat menambah semangat kita dalam berjogging ria.

Mengatur pola makan

Mengatur pola makan adalah esensi dari diet. Diet yang sehat dan alami bukan mengurangi takaran makanan harian kita namun bagaimana mengatur makanan yang masuk ke dalam perut kita. Lima kali sehari kita makan dengan porsi yang sedikit jauh lebih baik pengaruhnya terhadap tubuh kita dibanding makan satu kali sehari namun dengan porsi yang banyak. Dengan menambah kuantitas makan tapi dengan porsi yang sedikit akan mengurangi rasa lapar yang berlebihan dan membiarkan makanan tercerna dengan baik. Mengatur pola makan kita adalah hal yang mutlak diperlukan untuk menjaga tubuh supaya memiliki berat badan yang ideal. Selain itu usahakan kebutuhan nutrisi juga tercukupi.

Perbanyak konsumsi makanan berserat

Makan Sayuran Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan
Jika sobat serius ingin menurunkan berat badan, salah satu cara yang dapat dilakukan selain menambah kuantitas makan dalam sehari adalah memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Sobat bisa mengganti keripik kentang atau makanan junkfood dengan buah-buahan. Dengan begitu tidak hanya berat badan sobat yang turun tetapi tubuh juga mendapatkan nutrisi yang sehat. Sayuran dan buah-buahan adalah makanan sumber serat yang sangat baik. Seringkali kita kelebihan berat badan karena sistem pencernaan kita tidak berjalan dengan baik. Sumber serat diusahakan yang sealami mungkin. Walaupun saat ini sudah banyak tersedia minuman atau makanan instan yang mengklaim mengandung banyak serat, lebih baik sobat pilih bahan yang segar misalnya dari buah dan juga sayur.

Banyak minum air putih

Apakah sobat tahu minum air putih 5-10 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar? Minumlah air sebelum makan dan sobat akan dapat mengurangi porsi makan. Dengan memperbanyak minum air putih dapat juga membantu tingkatkan metabolisme tubuh. Seringkali bila kita merasa lapar, itu bukan tanda kita benar-benar butuh makan, melainkan tubuh kita butuh cairan.

Itulah beberapa tips bagaimana cara terbaik dan alami untuk menurunkan berat badan. Setelah kita menjalaninya, tidak hanya badan saja yang menjadi langsing, namun kita akan merasa sehat sepanjang hari. Bagaimanapun juga kesehatan adalah harta yang berharga bagi kita dan wajib dijaga demi kehidupan yang lebih baik.
.

4 komentar

  1. Kunjungan balik, gan.. Hehe.. Wah situsnya keren... Isinya juga mantap.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan! sering2 kemari ya hehehe..

      Delete
  2. Boz, gmn cara pasang iklan banner?
    solusi bau mulut dan gangguan pencernaan

    Riza, 0857 4194 1815

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pasang di sini sis? hub 0818 0275 1539

      Delete

Posts a comment

Mohon beri komentar sesuai dengan topik. Terimakasih :)

 
© 2013 Informasi Serba Yang Terbaik
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top